Monday, November 27, 2006

Aku dan Game (1)

Aku memang suka game dari dulu, dan menurutku game itu memang selalu dirancang untuk membuat orang ketagihan. Yang membedakan game-game jaman sekarang dengan dulu adalah grafis dan jalinan ceritanya (narasi dan struktur cerita) yang sudah banyak berkembang.

Jenis game yang aku suka: Winning Eleven. Sebelumnya aku suka main game-game perang. Aku tidak suka game-game strategi, karena menurutku hidup sehari-hariku sudah cukup rumit. Aku mengelola ruang alternatif—Kedai Kebun Forum—yang bagiku seperti game yang harus kumainkan seumur hidup. Untuk bermain-main, aku suka game dengan awal dan akhiran yang jelas. Winning Eleven itu seperti suspended victory. Kalau tim sepak bola kesayanganmu kalah, mainkan saja di alam virtual dan menangkan!

Aku tidak merasa sekedar bermain-main dengan mesin ketika main Winning Eleven, tetapi justru menurutku permainan ini mempererat hubungan antar manusia karena bisa dimainkan bersama-sama dan kita bisa saling berinteraksi disitu.

Narasumber: Agung Kurniawan, seniman, tinggal di Yogyakarta.
Pewawancara: Nuraini Juliastuti (KUNCI Cultural Studies Center)

2 comments:

Divagame said...

Wah, saya setuju itu. game bisa mengobati stress, bete, atau bisa juga untuk mencari teman, dengan catatan tahu waktu dong.

Anonymous said...

setuju !!