Thursday, November 16, 2006

Diantara tumpukan baju "awul-awul"

Nuning di tengah tumpukan baju awul-awul. Lokasi: toko baju awul-awul di Jalan Ibu Ruswo, Yogyakarta (Foto: Angki Purbandono, September 2004)

1 comment:

Anonymous said...

Dear Mbak Nuning,
saya pernah jd konsumen barang awul2 semacam itu kira2 8 tahun yg lalu, tepatnya waktu Indonesia lg KRISMON. Sejak itu saya nggak pernah 'belanja' baju kayak gituan lagi. Ini pendapat saya. Alasan saya, dulu beli karena murah bgt dan brg2 lain jd mahal, dulu saya beli dari teman dan belum "booming" jadi toko spt skrg. Alasan saya sekarang "NGGAK" beli krn saya punya kesadaran politis sbg konsumen yg bijak, jangan cuma terpana oleh 'harga murah' tanpa ada tanggung jawab sosial. Baju2 itu sebenarnya "sampah buangan" dr negara2 yg lbh sejahtera spt Jepang, AS, dll yg dikirim dgn kontainer via Singapura, mereka "bayar ke Singapura" cm utk transit doank! Trus Singapura yg licik itu "ngedrop" baju2 yg kita nggak tau mungkin secara medis bisa menjadi 'perantara penyakit menular' yang gak bisa mati virusnya dgn disinfectan (ini riset terbaru di Amrik sono!) dg liciknya secara sporadis dijual kembali ke bbrp point pelabuhan2 spt di Medan, Batam, Jkt, Surabaya, Makasar! Jadi, saya mikir mau beli baju itu..bukannya PARNO lhoks, tapi saya lbh baek pergi ke tukang Jahit aja deh..atau belanja baju di mal tp sesuai ukuran kantong! Saya gak anti mal, tp tergantung mal-nya spt apa dulu. Yg ptg mal itu bukan dibangun sbg situs masyarakat konsumtif yg gak bertanggung jawab pd kondisi sekitarnya! Jadi yg penting sebenarnya buat saya, kesadaran aja buat konsumer, kudu mempertimbangkan apa yg sesuai bagi kondisinya msg2, juga jagn lupa kalo bisa punya nilai2 perjuangan ideal yah..dipraktekkan deh, jangan OMDO. He..he..he..
Memang sih usaha baju bekas nampaknya menggiatkan 'usaha kecil', tapi apakah untuk menggiatkan ekonomi rakyat trus kita 'membiarkan masa depan ekonomi kita' DI-DIKTEkan oleh negara2 lain yg lbh hegemonik spt Singapura? Buat saya pribadi, NO WAY! Tapi terserah temen2 sendiri sih..saya gak maksa lho, namanya aja berpendapat! he..he..he..itung2 kampanye mendukung kapitalisme yang humanis aja, karena kalo anti kapitalisme itu juga sama saja Naifnya. Makanya saya tetep ke minum kopi di Cafe di mal, tapi bukan STARF**K, he..he,soalnya jahat banget..lha membawa hiden interest-nya World Bank je! Tapi saya masih sangat suka kopi tubruk Joss plus Areng lho di angkringan...

Cheers,
bungailalang di tepi jalan
ps: saya fans berat kunci