Monday, November 27, 2006

Aku dan Game (2)

Gue kenal game dari kecil, dan sudah main game online sejak awal 2003. Jenis game favorit yang gue maenin adalah Ragnarok online, Ts-online. Dalam sehari rutinnya 12 jam, kalo lagi ngebet bisa 15-20 jam, semalam/sekali maen minimal 15rb, kalo lagi lebih ya bisa sampe 30rb semalam. Biaya itu terutama buat kebutuhan tambahan kayak makan dan minum dll.

Buat gue ngegame itu untuk memenuhi rasa puas dari hobby, dan lebih banyak temen baru. Untuk bisa memenuhi kebutuhan ngegame, yang jelas butuh 1 set komputer yang spesifikasinya mendukung game, dan tersambung internet. Dan semua sudah bisa gw dapet di warnet gamestation. Kalo di rumah yang kurang koneksi internetnya. Saat ini yang gue maenin cuma game-game online aja: ragnarok online, ts online, tantra, RYL,Getamped.

Teknologi buat gue adalah sesuatu yang luar biasa, hanya saja jangan sampe salah digunakan tapi gw ga setuju kalo teknologi-teknologi tertentu seperti game online dimainkan oleh anak dibawah umur. Seharusnya ada batasan umur dalam menggunakannya. Karena di game online kita tidak pernah tau umur yang maen kecuali mungkin yang udah lama kenal. Karena banyak juga anak di bawah umur yang maen hampir sama waktunya dengan orang dewasa, yang begadang tiap malam. Kayaknya gak pantes anak kecil begadang sama orang dewasa tiap malam.

Ngegame punya pengaruh besar banget buat gue, sampe rela ga makan hanya untuk bisa maen didepan komputer. Rasanya hmm seperti ga ketemu pacar sehari ^^ kalo nggak ngegame, pokoknya bener-bener yang penasaran dan BT karena ga bisa maen. Game impian gue adalah game online yang se-real mungkin dengan kehidupan nyata. Dimana kita bisa menjadi seseorang yang kita inginkan dengan kehidupan-kehidupan seperti di dunia nyata ^^.

Yang lucu-lucu soal game-online menurut pengalaman gue; ada temen cowok di game online yang suka banget sama cewek di game itu (karakter perempuannya) dan temen gw itu percaya banget kalo orang itu cewek. Setelah beberapa minggu kenal, dan deket di game itu, dia ketemu sama orang yang maen satu warnet dengan karakter perempuan itu, lalu bilang kalo yang maenin karakter itu ternyata cowo. Hahaha.

Persiapan maen game itu tergantung dari keadaan keuangan. Kalo lagi ada lebih, yang jelas minuman dan cemilan itu harus ada, tapi kalo lagi kekurangan ya sebotol aqua cukup^^. Bahkan kalo lagi menderita lagi, ya sampe bela-belain ngutang ama temen dulu..

Para pengguna game online di warnet itu paling benci / anti sama komunitas pengguna internet untuk kebutuhan download/upload dan chatting hehe, karena kegiatan itu bisa menggangu koneksi jalannya game online. Karena koneksinya jadi berat dan gamenya jadi lambat. Temen gw ada yang nginep 4 hari nonstop di warnet gak pulang-pulang. Yang jelas yang kaya gitu itu butuh modal gede, buat bayar warnet dan mesen makan dan minum dan kalo mau mandi numpang di toilet warnet,tapi kebanyakan gak mandi ^^.

Para gamers di game center itu umumnya (yang gw tau malam doank karena gw maen malem doank, siang kalo ada janjian aja.^^) itu biasanya gak lepas dari jaket, sebotol aqua, dan cemilan. Kalo gak bawa itu ya bawa uang lebih buat beli makanan dan minuman buat tengah malem, dan juga sebagian selalu membawa bawa buku pegangan atau petunjuk dalam memainkan beberapa game online tertentu.

Narasumber: Inoe (23 tahun), Mahasiswa Manajemen Universitas Gunadharma, Jakarta. Pewawancara: Anissa Muharami (KUNCI Cultural Studies Center)

No comments: